Selasa, 05 Oktober 2010

DINAMIKA PERKEMBANGAN INSTITUSI


DINAMIKA PERKEMBANGAN INSTITUSI
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang pada awalnya merupakan cabang dari IAIN Sunan Ampel Malang yang bernama Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang sejak tahun 1965 melalui SK Menteri Agama tahun 1965. Pada pertengahan tahun 1997 melalui SK Pesiden, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang bersamaan dengan perubahan status kelembagaan 33 fakultas cabang di bawah IAIN se-Indonesia. Dengan demikian, sejak saat itu STAIN Malang menjadi lembaga pendidikan tinggi islam otonom yang terlepas dari IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Pada tahun 2002, STAIN Malang berubah nama menjadi Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS) yang merupakan implementasi dari kerjasama pemerintah Indonesia-Sudan dan diresmikan langsung oleh Waki Presiden Hamzah Haz pada 21 Juli 2002 yang dihadiri oleh pejabat tinngi pemerintah Sudan.
Pada periode pengembangannya, STAIN Malang mencanangkan perubahan status kelembagaan menjadi universitas. Melalui usaha yang sungguh-sungguh dan bertanggung jawab usulan menjadi universitas disetujui Presiden melalui SK presiden RI No. 50, tanggal 21 Juni 2004 dan diresmikan oleh Menko Kesra Prof.H.A.Malik Fadjar, M.Sc atas nama Presiden pada 8 Oktober 2004 dengan nama Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Terletak di Jalan Gajayana 50, Dinoyo Malang dengan lahan seluas 14 hektar, Universitas ini memodernisasi diri secara fisik sejak September 2005 dengan mambangun gedung rektorat, fakultas, kantor administrasi, perkuliahan, laboratorium, kemahasiswaan, pelatihan, olahraga, business center, poliklinik, masjid dan ma’haad.
Pada tanggal 27 Januari 2009, Presiden Indonesia berkenan memberikan nama Universitas ini dengan nama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Melihat nama tersebut cukup panjang untuk diucapkan, Rektor menyampaikan singkatan nama universitas menjadi UIN Maliki Malang.
Secara kelembagaan, hingga saat ini UIN Maliki Malang 6 (enam) fakultas dan 1 (satu) Program Pascasarjana, yaitu (1) Fakultas Tarbiyah : PAI, Pendidikan IPS, dan PGMI, (2) Fakultas Syari’ah : Al-Akhwalus As-Syakhsiyyah dan Hukum Bisnis Syari’ah (3) Fakultas Humaniora dan Budaya : Bahasa dan Sastra Arab, Bahasa dan Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa Arab (4) Fakultas Ekonomi : Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah (5) Fakultas Psikologi (6) Fakultas Sains dan Teknologi : Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Teknik Informatika dan Teknik Arsitektur. Adapun Program Pascasarjana mengembangkan enam prodi magister, yaitu : Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Agama Islam, PGMI, PAI, dan Al-Akhwalus Syakhsiyyah . sedangkan untuk program Doktor dikembangkan dua program yaitu Program Doktor Manajemen Pendidikaan Islaam daan Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab.

1 komentar:

  1. good islamic university
    tumbuh dgn cpt, itu semua karna kita
    semoga uin maliki semakin maju

    BalasHapus